#

7 Gudeg paling ngetop di Jogja

Berada di Kota Jogja belum lengkap tanpa mencicipi masakan khas Kota ini, gudeg. Anda sudah tahu gudeg?? jika belum silahkan baca artikel ini terlebih dahulu. Banyak sekali penjual gudeg di jogja, mungkin anda bingung gudeg mana yang terkenal dan unik. Simak baik-baik ya artikel berikut ini.


11.      Gudeg Yu Djum


Salah satu gudeg yang paling terkenal akan cita rasanya adalah Gudeg Yu Djum. Diteruskan secara turun menurun dan sekarang sudah generasi ke-empat. GUDEG YU DJUM menyajikan gudeg kering yang terkenal memiliki rasa yang gurih dan lezat, cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Gudeg Yu Djum dapat Anda kunjungi di beberapa tempat  di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22, Jalan Kaliurang Km 5 Koncoran Gg Srikaton 2, Wijilan no. 31 Jalan Laksda Adisucipto, dan juga sebelum perempatan Ring Road Utara Maguwoharjo.. Warung Gudeg Yu Djum juga memberikan kesempatan kepada wisatawan asing dan domestik untuk dapat langsung melihat proses pembuatan Gudeg, atau bahkan terlibat dalam proses pembuatannya.
Harga satu porsi  gudeg dan lauknya berkisar dari Rp 8 ribu sampai Rp 30 ribu. Selain bisa dinikmati di tempat, gudeg Yu Djum juga dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk pengemasan, Anda dapat memilih dengan besek atau pun menggunakan kendil. Untuk satu paket gudeg besek, harganya mulai dari Rp 35 ribu. Sedangkan untuk satu paket gudeg kendil, harganya berkisar Rp 90 ribu sampai Rp 180 ribu.
22.      Gudeg Kendil Bu Tjitro


GudegBu Tjitro yang lebih populer dengan sebutan Gudeg Kendil Bu Tjitro. Dengan pelengkap sambal goreng krecek, kacang tholo, tempe kedelai, telor itik dan ayam kampung; Anda akan benar-benar menikmati menu masakan yang dinamai gudeg ini. Satu hal yang menjadikan Gudeg Bu Tjitro berbeda yakni saos sambal yang digunakan adalah saos kering atau arek bening yang tidak digoreng. Gudeg kendil bu tjitro mampu bertahan hingga 48 jam. Tak ketinggalan, gudeg kaleng bu tjitro kini juga sudah tersedia. Hebatnya, gudeg kaleng ini mampu bertahan hingga 1 tahun tanpa bahan pengawet!
33.      Gudeg Geneng Mbah Marto, Mangut Lele


Warung Sego ngGeneng terletak di Dusun Nengahan, Panggung Harjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Warung sego nggeneng adalah warung makan yang menyajikan gudeg klasik dengan areh yang tidak kental dan sayuran hijaunya menggunakan daun pepaya yang tidak pahit. Sambalnya berupa sambal kacang tholo yang dimasak pedas dengan menggunakan rambak (krecek ndeso). Sedangkan lauknya berupa tahu, tempe, telur, rempelo ati, yang dimasak dengan bumbu besengek dan mangut lele.
44.      Gudeg Pawon


Bagi para wisatawan, menyantap gudeg di tengah malam pun dapat menjadi pengalaman unik tersendiri. Sepiring nasi putih panas dan gudeg dengan sedikit kuah dan daging ayam atau telur disantap langsung di dapur penjualnya. Apa asyiknya menyantap nasi gudeg di dapur? Untuk yang penasaran, mari langkahkan kaki ke Jalan Janturan Nomor 36-38 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Namun jangan terkejut jika melihat antrian panjang seperi ular melingkar di depan pintu dapur.
55.      Gudeg Mercon Bu Ngatinah


Yang istimewa dari Gudeg Mercon Bu Tinah adalah citarasa pedasnya  yang begitu nendang.Gudeg manis tentu hal biasa, tapi gudeg yang manis, gurih dan pedas bisa jadi kejutan tersendiri bagi para pecinta  kuliner tradisional. Dengan perpaduan sambel krecek dan olahan sambel dari lombok hijau yang dijadikan salah satu menu penambah pedas kuliner tersebut.
Anda yang penasaran ingin menikmati gudeg ini, silahkan susuri seputaran pasar Kranggan tepatnya di sisi sebelah Barat Klenteng Poncowinatan Yogyakarta. Di sebuah trotoar akan terlihat kerumunan ramai penggemar gudeg mercon yang mengantri.
Gudeg mercon buka mulai pukul 23.00 malam hingga pukul 04.00 pagi. Harganya juga bervariasi. Mulai Rp12 ribu untuk gudeg suwir, Rp14 ribu untuk gudeg suwir telur dan Rp20 ribu untuk gudeg paha. Anda juga bisa menambahkan aneka gorengan yang tersedia. Selamat mencoba.
66.      Gudeg Wijilan
Di daerah Wijilan ini terdapat beberapa warung yang menjual sajian gudeg. Beberapa warung gudeg yang cukup terkenal di Wijilan antara lain adalah warung Bu Slamet yang merupakan warung gudeg tertua di Wijilan, ada pula warung gudeg Bu Lies, hingga warung gudeg Yu Djum yang sangat terkenal seantero Jogja. Setiap warung memiliki ciri khas baik dari segi interior bangunan maupun dalam hal penyajian. Anda pun dapat memilih warung gudeg sesuai dengan pilihan dan selera masing-masing.
Warung gudeg di Wijilan buka mulai dari pukul 05.30 pagi sampai sekitar pukul 9 malam. Jadi pengunjung dapat leluasa memilih jam makan sesuai dengan pilihan. Menu gudeg ini memang cukup fleksibel di makan kapan saja, dapat dijadikan sebagai menu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Selain dapat dinikmati di tempat, Anda pun dapat menjadikan gudeg sebagai alternatif oleh-oleh untuk keluarga di rumah, khususnya gudeg kering yang lebih tahan lama.
77.      Gudeg Ceker Sedep Raos

Gudeg Ceker Sedep Raos Seturan yang ada di Jl. Affandi Gejayan No. 30, Soropadan atau lebih tepatnya sebelah kiri Jembatan Merah Gejayan. Gudeg Ceker Sedep Raos Seturan ini adalah gudeg ceker yang semula berada di Jl. Seturan No. 15 dan kemudian berpindah tempat. Pastinya Gudeg Ceker Sedep Raos Seturan rasanya memang sedep sehingga warung ini tidak pernah sepi dan selalu ramai oleh pembeli walaupun berpindah tempat.
Makan ceker dalam balutan bumbu gudeg menjadikan sensasi tersendiri menikmati olahan ceker. Bumbu gudegnya yang gurih dan kental karena memakai blondo (santan kental) atau biasa disebut dengan areh berpadu dengan rasa manis dan gurih sangat dominan dalam gudeg ceker.
Nah, menarik bukan?? Dari 1 masakan gudeg bisa di buat berbagai macam variasi. Bagi traveler yang datang ke Yogyakarta, jangan lupa ya cicipi masakan kuliner khas Nusantara ini khususnya kuliner Yogyakarta. Apalagi yang sudah tinggal di Yogyakarta tapi tidak pernah merasakan kenikmatan gudeg sungguh terlalu....
Bagi Anda yang di luar Yogyakarta masih bisa merasakan kuliner legendaris ini. Kini telah hadir gudegkaleng Yogyakarta yang bisa tahan hingga 1 tahun tanpa bahan pengawet. Dengan 2 citarasa original dan pedas.
Share on Google Plus

About adminb

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar