#

Membersihkan Telur Bebek

Tak jarang kotoran ayam masih menempel di cangkang telur. Bila tidak dibersihkan akan membuat kualitas telur menurun bahkan membusuk. Karena kotoran ayam mengandung bakteri Salmonella maka Anda harus membersihkan cangkang telur agar terhindar dari keracunan telur. Inilah tips membersihkan telur agar awet.
  • Periksa telur
Jika kulit telur terlihat retak atau pecah, Anda harus segera membuangnya. Jika telur telah retak, bakteri bisa masuk ke dalam telur sehingga tidak aman untuk dikonsumsi. Sebelum dikonsumsi, sebaiknya Anda teliti membeli. Tak sedikit dari mereka menganggap bahwa telur tak perlu dibersihkan. Padahal itu salah, justru bakteri yang menempel pada cangkang tidak baik untuk kesehatan karena itu harus dibersihkan sebelum dikonsumsi.
  • Membersihkan telur dengan spons
Anda bisa membersihkan cangkang telur dengan menggunakan spons basah. Caranya, gosok telur dengan spons sampai kotorannya hilang atau bersih. hati-hati saat membersihkan, jangan sampai telur pecah atau retak. Spons adalah cara yang tepat untuk mencegah bakteri yang menempel pada cangkang telur.
  • Mencuci telur
Banyak dari mereka mencuci telur dengan menggunakan sabun untuk menghilangkan kotoran telur. Cara ini tidak baik untuk isi telur karena tercampur dengan bahan kimia. Dan juga membuat cangkang rentan dengan bakteri. Telur yang dicuci bisa berbahaya bagi kesehatan.
  • Taruh telur di kulkas
Setelah telur dibersihkan, tempatkan telur dalam wadah secara vertikal dengan menggunakan kantung udara (bagian yang lebih lonjong) menghadap ke atas. Atau Anda bisa menempatkan telur ke dalam kulkas. Simpan telur pada suhu normal di dalam kulkas, bukan di lemari beku (freezer).
  • Rebus telur
Agar telur awet lebih lama, Anda bisa merebus telur untuk dijadikan bekal anak. Pada saat direbus, sebaiknya telur dibubuhi garam atau cuka. Atau, bisa juga diolah menjadi pindang. (***)
Share on Google Plus

About adminb

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar