#

Gudeg Jogjakarta

Gudeg adalah makanan yang sangat populer di Yogyakarta. Gudeg terbuat dari buah nangka muda yang dimasak dalam waktu yang lama dengan santan, krecek, gula, dan lain-lain. Rasanya manis dan gurih. Makanan ini bisa di santap untuk sarapan pagi, makan siang atau bahkan dimakan malam menjelang dini hari. 
Ada dua jenis gudeg, gudeg basah tidak bisa tahan lama sehingga harus segera dikonsumsi. Sedangkan gudeg kering bisa tahan sampai 5 hari, karena memasaknya lama, kuahnya benar-benar habis dan gudeg menjadi kering.
Tidak ada yang tahu pasti kapan gudeg menjadi popular. Ong Kok Ham seorang penggila makanan menganalisa bahwa gudeg menjadi pilihan banyak orang ketika Jawa dilanda kesulitan akibat tanam paksa yang dilakukan oleh Belanda. Sementara nangka muda yang sangat mudah diperoleh. Tekstur buah nangka muda yang liat dianggap menyerupai daging, dan dijadikan makanan pengganti daging. Untuk memasaknya tidak jauh-jauh dari memasak gudeg. Apalagi makanan ini justru semakin nikmat dimasak berkali-kali.
Ada juga cerita lain tentang gudeg jogja  ....konon disudut kota Jogja pada jaman penjajahan Inggris tinggalah seorang warga negara Inggris yang tinggal di Indonesia , Londo Inggris tersebut memanggil istrinya dengan sebutan “dek” (Dik) karena memang panggilan “dek” sudah menjadi tradisi di jawa untuk memanggil istri.
Pada suatu hari ketika sang suami sedang pergi bekerja, sang istri bingung ingin memasak apa akhirnya dia teringat resep turun temurun keluarganya yang menggunakan bahan dari nangka muda tersebut..
Akhirnya mulai lah dia memasak, karena mungkin sudah sangat lapar sesampainya dirumah sang suami langsung menuju ke meja makan dan makan dengan lahapnya masakan yang dimasakkan istrinya tadi selesai makan sang suami berkata agak keras “it’s good dek” dengan ekspresi senang.. dan dari situlah makanan itu mulai disebut GUDEG asa kata “good dek”.
Share on Google Plus

About adminb

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar