#

Tampe Muntuk Daun Pisang untuk pelengkap Gudeg

Kalau selama ini menggunakan bahan tempe tadi biasa dibungkus dari daun pisang. Bahan ini banyak terdapat di pedesaan dengan menggunakan jenis pisang kluthuk yang berdaun lebar dan cukup kuat saat dilipat. Memang pasokan daun pisang seringkali terhambat terlebih jika produksi tempe cukup banyak. Seringkali ada modifikasi dari pembuat tempe dengan menggunakan kombinasi bungkus tempe dari daun pisang di lapis dalam dan kemudian di lapis terluar menggunakan kertas.
Namun bagi beberapa orang yang fanatik akan rasa tempe, dikatakan ada perbedaan rasa tempe yang dibungkus dengan daun pisang dan yang dibungkus plastik. Rasa tempe lebih enak dari yang dihasilkan dengan pembungkusan menggunakan daun pisang. Kalau saya sih tidak bisa membedakan kedua rasa tempe ini. Pokoknya tempe sudah digoreng matang mau dijadikan mendoan atau sekedar tempe goreng mesti tandas, yang penting bukan tempe sudah terlalu masak dan jadi tempe bosok.
Soal keunggulan tempe yang dibungkus dengan daun pisang ini adalah jika dilihat dari aspek lingkungan. Daun pisang merupakan bahan organik yang diperoleh dari bahan sekitar dan bersifat terbarukan. Selain itu bahan ini setelah tempe diambil maka saat dibuang akan dapat terdegradasi secara cepat dengan proses pengomposan menjadi humus. Lain halnya jika menggunakan plastik untuk pembungkus, plastik yang terbuang dapat menambahkan jumlah sampah yang tertimbun lama karena tidak terdegradasi cepat.
Bagi pembuat tempe yang menggunakan kertas untuk lapisan luar pembungkus tempe pun dikatakan ikut peduli lingkungan. Saya yakin kertas pembungkus yang digunakan selalu adalah kertas bekas, bisa menggunakan kertas dari buku, kertas hvs dari kantor/sekolah, atau kertas koran / majalah. Dengan demikian terjadi juga prinsip daur ulang atau penggunaan kembali kertas bekas. Hanya saja untuk keperluan ini yang penting ditekankan adalah aspek kebersihan dari bahan yang digunakan. Meskipun untuk digunakan sebagai lapis terluar, tetap saja kertas harus dibersihkan sebelum digunakan.
Saya sendiri yang orang Banyumas merupakan pecinta makanan olahan dari tempe yakni mendoan, biasanya kurang begitu memperhatikan apakah tempenya dibungkus dengan daun pisang atau plastik. Pokoknya tempe sudah digoreng dengan selimut tepung beras diberi potongan daun bawang atau kucai, dengan aroma bawang-ketumbar yang khas, biasanya selalu disantap sampai habis. Biarlah jadi disebut ‘bangsa tempe’, karena memang kenyataannya hobbynya makan tempe kok….
Share on Google Plus

About adminb

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar